Home » » Soal Tes CPNS Sudah Dikunci, Jangan Percaya Bocoran

Soal Tes CPNS Sudah Dikunci, Jangan Percaya Bocoran



Jakarta - Beberapa Kementerian/Lembaga (K/L) siap membuka lowongan pekerjaan untuk masyarakat yang tertarik menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) di September 2013 nanti. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) sebagai pemilik hajat juga mencari banyak PNS.

Menteri PAN-RB Azwar Abubakar memastikan jika penyeleksian tes masuk CPNS akan berlangsung ketat dan semua peserta diperlakukan sama.

"Sangat ketat. Pertama semua tes kompetensi dasar disiapkan Menpan. Jadi sekarang semua yang masuk PNS, semua harus mengikuti tes PNS, semua sama," kata Azwar saat ditemui di Kantor Kemenkeu, Jakarta, Selasa (27/8/2013).

Dia menyebutkan, pihaknya menyiapkan sedikitnya 20 ribu jenis soal yang akan diberikan tes secara acak yang terdiri dari soal LJK maupun tes komputerisasi.

"Inti soal itu, kompetensi dasar kepribadian, potensi akademik, wawasan kebangsaan. Baru setelah itu lewat kompetensi bidang tertentu," ujarnya.

Azwar meyakini tidak akan bocoran soal terkait ujian CPNS ini. Menurutnya, semua soal sudah diamankan secara rahasia. "Semua soal sudah dikunci. Jangan percaya ada bocoran," katanya.

Terkait pelaksaan tes, dia menambahkan, pihaknya sudah bekerjasama dengan beberapa kampus, kepolisian ataupun LSM untuk menertibkan kelangsungan ujian tersebut.

"Pengawasan dari daerah masing masing-masing, ada polisi, ada konsorsium LSM juga," kata dia.