Jadwal Seleksi CPNS Kemenhan

Kementerian Pertahanan (Kemhan), Kamis (29/8/2013), merilis jadwal pelaksanaan seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) dari kalangan umum maupun honorer K II. Informasi kepegawaian Kemenhan tersebut dicantumkan pada website resminya di kemenhan.go.id.
“Sesuai dengan Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Nomor:SE/10/M.PAN-RB/08/2013 tentang jadwal pelaksanaan seleksi CPNS Tahun 2013 dari Tenaga Honorer Kategori II dan Pelamar Umum (Dengan Sistem LJK dan sistem Computer Assisted Test) serta spesifikasi materi Test Kompetensi Dasar CPNS pelamar umum untuk proses penggandaan.”
Berikut ini jadwal yang dikeluarkan oleh Kementerian Pertahanan itu:
Jadwal Pelaksanaan Seleksi CPNS dari Honorer KA Kategori II
NO
KEGIATAN
PENANGGUNG JAWAB
WAKTU PELAKSANAAN 2013
1Pengiriman listing tenaga hororer K2 ke 33 ProvBKNMinggu ke-4 Agustus s/d minggu ke-3 September
2Penetapan tempat tes oleh Instansi (Honorer dan pelamar umum dipisah)Instansi (K/L, Prov dan Kab/KotaSeptember
3Pencetakan nomor peserta tenaga honorer K2Instansi (K/L, Prov dan Kab/Kota) sesuai dengan register BKNMinggu ke-4 September s/d Minggu ke-3 Oktober
4Pemberitahuan dan penyampaian nomor tes tenaga hororer K2Instansi (K/L, Prov dan Kab/Kota)Minggu ke-2 s/d minggu ke-3 Oktober
5Penyusunan soal tes TKDPanselnas (Konsorsium PTN dikoordinasikan pupendik)27 Juli s/d 7 September
6Penyusunan soal TKBPanselnas (Kemenkes, Kemdikbud, dan BKN)27 Juli s/d 7 September
7Pelelangan dan penggandaan naskah Soal TKD, TKB, dan LJKPanselnas16 Agustus s/d 24 Oktober
8Distribusi soal TKD, TKB, dan LJK ke K/L dan ProvPanselnas (Pokja Koordinasi Distribusi & Pengumpulan LJK TKD dan TKB)Minggu ke-3 September s/d Minggu ke-4 Okober
9Distribusi soal TKD, TKBdan LJK dari Prov ke Kab/Kota, dan dari K/L ke instansi vertikal/UPTProv dan K/L21 Oktober s/d 2 November
10Pelaksanaan ujian TKD/TKBInstansi (K/L, Prov dan Kab/Kota)3 November
11Penyampaian kembali LJK hasil ujian TKD dan TKB oleh Instansi kepada Panselnas di JakartaInstansi (K/L, Prov dan Kab/Kota) kepada Panselnas (Pokja Koordinasi Distribusi dan Pengumpulan LJK, TKD dan TKB)3 s/d 5 November
12Pengolahan hasil TKD dan TKBPanselnas dibantu oleh Konsorsium PTN dikoordinasi Pokja Pengolahan hasil TKD dan TKB3 November s/d 4 Desember
13Penyampaian daftar nilai hasil TKD dan TKB Tenaga Honorer K2 di JakartaInstansi (K/L, Prov dan Kab/Kota) Konsorsium PTN kepada Panselnas langsung kepada PPKMinggu ke-4 November s/d minggu ke-2 Desember
14Pengumuman kelulusan CPNS Tenaga Hororer K2Panselnas (dalam website Menpan)Minggu ke 1 Desember
15Pengumuman kelulusan CPNS dari Tenaga Honorer K 2 masing-masing instansiInstansi (K/L, Prov dan Kab/Kota)Minggu ke-1 s/d minggu ke 2 Desember
16Pemberkasan dan penetapan NIPInstansi (K/L, Prov dn Kab/KotaMulai Minggu ke-3 Desember sampai dengan selesai

Jadwal Pelaksanaam Seleksi CPNS dari Pelamar Umum dengan Sistem LJK
NO
KEGIATAN
PENANGGUNG JAWAB
WAKTU PELAKSANAAN 2013
1Penetapaan/ persetujuaan rincian formasiKemenpam& RB20 s/d 30 Agustus
2Kep. Penetapan Formasi, Pengumuman Penerimaan, Pendaftaraan Pelamar, dan Seleksi AdministrasiInstansi (K/L, Prov dan Kab/Kota)1 s/d 28 September
3Penyampaian Master Soal TKD dari Konsorsium kepada Panselnas (diserahkan langsung pada K/L dan Provinsi di Jakarta di encripsi/sandi oleh LemsanegKemenpan & RB9 September
4Pengumuman Pelelangan naskah Soal TKDInstansi (K/L, Prov dan Kab/Kota)26 Agustus s/d 30 September
5Penyerahan Master Soal oleh instansi di Percetakan dan di (discrips/pembukaan sandi) oleh LemsanegInstansi dan Lemsaneg1 s/d 2 Oktober
6 Penyampaian LJK Kepada K/L/Pemda bersamaan dengan penyerahan Naskah Soal TH K 2Panselnas (Pokja Koordinasi Distribusi dan Pengumpulan LJK, TKD dan TKB)21 s/d 24 Oktober
7Penggandaan Soal TKD dan Distribusi Soal TKD dan LJKInstansi (K/L, Prov dan Kab/Kota)1 s/d 24 Oktober
8Pelaksanaan Ujian TKDInstansi (K/L, Prov dan Kab/Kota)3 November
9Penyampaian kembali LJK Hasil Ujian TKD kepada Panselnas di JakartaInstansi (K/L, Prov dan Kab/Kota) ke Panselnas (Pokja Pengolahan Hasil TKD dan TKB)3 s/d 5 November
10Pengolahan Hasil TKDPanselnas (Pokja Pengolahan Hasil TKD dan TKB) dibantu oleh Konsorsium PTN3 November s/d 4 Desember
11Penyampaian Daftar Nilai Hasil TKD dari Konsorsium Kepada Panselnas (Diserahkan langsung kepada PPK di JakartaPanselnas25 November s/d 5 Desember
12Pelaksanaan TKBInstansi (K/L, Prov dan Kab/Kota)27 November s/d 13 Desember
13Pengumuman Hasil Seleksi CPNS:-          Bagi Instansi yang hanya TKD
-          Bagi Instansi yang melaksanakan TKB
Instansi (K/L, Prov dan Kab/Kota)-          Minggu ke-4 November s/d minggu ke-1 Desemeber
-          Minggu ke-3 Desember
14Pemberkasan dan Penetapan NIPInstansi (K/L, Prov dan Kab/Kota)Mulai minggu ke-3 Desember s/d selesai

Lowongan Kerja OJK - Otoritas Jasa Keuangan Terbaru Agustus 2013


Lowongan Kerja OJK – Otoritas Jasa Keuangan adalah lembaga negara yang dibentuk berdasarkan UU nomor 21 tahun 2011 yang berfungsi menyelenggarakan sistem pengaturan dan pengawasan yang terintegrasi terhadap keseluruhan kegiatan di dalam sektor jasa keuangan. Otoritas Jasa Keuangan, yang selanjutnya disingkat OJK, adalah lembaga yang independen dan bebas dari campur tangan pihak lain, yang mempunyai fungsi, tugas, dan wewenang pengaturan, pengawasan, pemeriksaan, dan penyidikan. OJK didirikan untuk menggantikan peran Bapepam-LK.
OJK sebagai lembaga yang memiliki otoritas untuk mengawasi industri jasa keuangan meliputi perbankan, pasar modal dan industri keuangan non bank, mengundang para profesional yang berintegritas, kompeten, berkomitmen, dan ingin mengembangkan karir untuk bergabung sebagai:
Tujuan
OJK dibentuk dengan tujuan agar keseluruhan kegiatan di dalam sektor jasa keuangan:
  1. Terselenggara secara teratur, adil, transparan, dan akuntabel;
  2. Mampu mewujudkan sistem keuangan yang tumbuh secara berkelanjutan dan stabil; dan
  3. Mampu melindungi kepentingan konsumen dan masyarakat.
Tugas dan wewenang
OJK melaksanakan tugas pengaturan dan pengawasan terhadap:
  1. Kegiatan jasa keuangan di sektor perbankan;
  2. Kegiatan jasa keuangan di sektor pasar modal; dan
  3. Kegiatan jasa keuangan di sektor perasu, dana pensiun, lembaga pembiayaan, dan lembaga jasa keuangan lainnya.
Untuk melaksanakan tugas pengaturan, ojk mempunyai wewenang:
  1. Menetapkan peraturan pelaksanaan undang-undang ini;
  2. Menetapkan peraturan perundang-undangan di sektor jasa keuangan;
  3. Menetapkan peraturan dan keputusan ojk;
  4. Menetapkan peraturan mengenai pengawasan di sektor jasa keuangan;
  5. Menetapkan kebijakan mengenai pelaksanaan tugas ojk;
  6. Menetapkan peraturan mengenai tata cara penetapan perintah tertulis terhadap lembaga jasa keuangan dan pihak tertentu;
  7. Menetapkan peraturan mengenai tata cara penetapan pengelola statuter pada lembaga jasa keuangan;
  8. Menetapkan struktur organisasi dan infrastruktur, serta mengelola, memelihara, dan menatausahakan kekayaan dan kewajiban; dan
  9. Menetapkan peraturan mengenai tata cara pengenaan sanksi sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan di sektor jasa keuangan.
Untuk melaksanakan tugas pengawasan, ojk mempunyai wewenang:
  1. Menetapkan kebijakan operasional pengawasan terhadap kegiatan jasa keuangan;
  2. Mengawasi pelaksanaan tugas pengawasan yang dilaksanakan oleh kepala eksekutif;
  3. Melakukan pengawasan, pemeriksaan, penyidikan, perlindungan konsumen, dan tindakan lain terhadap lembaga jasa keuangan, pelaku, dan/atau penunjang kegiatan jasa keuangan sebagaimana dimaksud dalam peraturan perundang-undangan di sektor jasa keuangan;
  4. Memberikan perintah tertulis kepada lembaga jasa keuangan dan/atau pihak tertentu;
  5. Melakukan penunjukan pengelola statuter;
  6. Menetapkan penggunaan pengelola statuter;
  7. Menetapkan sanksi administratif terhadap pihak yang melakukan pelanggaran terhadap peraturan perundang-undangan di sektor jasa keuangan; dan
  8. Memberikan dan/atau mencabut:
  9. Izin usaha;
  10. Izin orang perseorangan;
  11. Efektifnya pernyataan pendaftaran;
  12. Surat tanda terdaftar;
  13. Persetujuan melakukan kegiatan usaha;
  14. Pengesahan;
  15. Persetujuan atau penetapan pembubaran; dan
  16. Penetapan lain, sebagaimana dimaksud dalam peraturan perundang-undangan di sektor jasa keuangan.
Lowongan Kerja Otoritas Jasa Keuangan
Otoritas Jasa Keuangan – OJK sebagai lembaga yang memiliki otoritas untuk mengawasi industri jasa keuangan meliputi perbankan, pasar modal dan industri keuangan non bank, mengundang para profesional yang berintegritas, kompeten, berkomitmen, dan ingin mengembangkan karir untuk bergabung sebagai:
POSISIPERSYARATAN PENDIDIKANPERSYARATAN UMUMPERIODE REGISTRASI ONLINE
STAF Minimal Strata Satu (S1) atau sederajat dalam bidang:
  • Administrasi Niaga/Administrasi Bisnis
  • Agrobisnis
  • Akuntansi
  • Ekonomi (IESP)
  • Ekonomi Syariah
  • Hukum (perdata,pidana,bisnis,islam)
  • Hubungan Internasional
  • Ilmu Komunikasi
  • Matematika
  • Perbankan
  • Psikologi
  • Sastra Arab
  • Sastra Inggris
  • Sosial- Ekonomi
  • Sosiologi
  • Statistik
  • Teknik Industri
  • Teknik Informatika
  • Sistem Informasi Bisnis
  • Teknik Sipil
  • Manajemen Keuangan
  • Manajemen Perusahaan/ Manajemen Bisnis
  • Manajemen Sumber Daya Manusia

  • Untuk lulusan S1 maksimum usia 28 tahun per 31 Agustus 2013.
  • Untuk lulusan S2 maksimum usia 32 tahun per 31 Agustus 2013.
  • S1 atau S2; IPK minimal 3.00 (tiga koma nol nol dan nilai tersebut bukan hasil pembulatan) dari skala 4.
  • Memiliki kemampuan berbahasa Inggris; ditunjukkan dengan sertifikat ITP TOEFL dengan skor minimal 500; atau IELTS dengan skor minimal 5,5; dan sertifikat masih berlaku s/d 31 Agustus 2013.
  • Bagi yang tidak memiliki sertifikat ITP TOEFL atau IELTS, harus mengikuti tes kemampuan bahasa Inggris yang diselenggarakan oleh Panitia Seleksi.
  • Bagi lulusan luar negeri tidak diwajibkan untuk menunjukkan sertifikat TOEFL dan IELTS.
  • Bagi lulusan luar negeri yang tidak menggunakan nilai IPK, agar mencantumkan konversi ke standar nilai IPK berdasarkan surat keterangan dari perguruan tinggi masing-masing.
31 Agustus s/d 6 September 2013
PEJABAT SETINGKAT KEPALA SUBDIVISI
Minimal Strata Satu (S1) atau sederajat semua jurusan
  • Maksimal usia 40 tahun per 31 Agustus 2013.
  • Berbahasa Inggris aktif.
  • Berpengalaman kerja minimal 7 tahun pada bidang:
- Perbankan
- Keuangan
- Asuransi
- Dana Pensiun
- Lembaga Pembiayaan
- Pasar Modal
- Manajemen Strategis
- Internal Audit / Risk Management / Quality Assurance
- Edukasi dan Perlindungan Konsumen
- Teknologi Informasi & Sistem Informasi Bisnis
- Edukasi & Pelatihan Ekonomi dan Sektor Keuangan
- Pengembangan Organisasi & Sumber Daya Manusia
31 Agustus s/d 13 September 2013
PEJABAT SETINGKAT KEPALA DIVISI
Minimal Strata Satu (S1) atau sederajat semua jurusan
  • Maksimal usia 45 tahun per 31 Agustus 2013.
  • Berbahasa Inggris aktif.
  • Berpengalaman kerja minimal 8 tahun pada bidang:
- Perbankan
- Keuangan
- Asuransi
- Dana Pensiun
- Lembaga Pembiayaan
- Pasar Modal
- Manajemen Strategis
- Internal Audit / Risk Management / Quality Assurance
- Edukasi dan Perlindungan Konsumen
- Teknologi Informasi & Sistem Informasi Bisnis
- Edukasi & Pelatihan Ekonomi dan Sektor Keuangan
- Pengembangan Organisasi & Sumber Daya Manusia
31 Agustus s/d 13 September 2013
PEJABAT SETINGKAT DIREKTUR
Minimal Strata Satu (S1) atau sederajat semua jurusan
  • Maksimal usia 50 tahun per 31 Agustus 2013
  • Berbahasa Inggris aktif
  • Berpengalaman kerja minimal 10 tahun di bidang:
- Lembaga Pembiayaan
- Pasar Modal
- Internal Audit / Risk Management / Quality Assurance
- Edukasi & Perlindungan Konsumen
- Makro Ekonomi & Kebijakan Publik
- Pengelolaan Fiskal/Utang/Pasar Surat Utang Negara
- Pengaturan, Pengawasan, dan Pengembangan Lembaga Keuangan Mikro
- Pencegahan Tindak Pidana Korupsi dan Penegakan Etika
- Penyidikan Tindak Pidana di Sektor Jasa Keuangan
31 Agustus s/d 13 September 2013


Kode Posisi
NOKODE POSISINAMA JABATAN
1A01Staf
PEJABAT SETINGKAT KEPALA SUBDIVISI
2B01Analis Pada Divisi Kebijakan Perencanaan dan Pengembangan SDM
3B02Analis Pada Divisi Kebijakan Pemeliharaan dan Sistem Informasi SDM
4B03Analis Pada Divisi Konsultasi SDM dan Asesmen
5B04Kepala Subdivisi Hubungan Kepegawaian
6B05Analis Pada Divisi Kebijakan Organisasi
7B06Analis Pada Divisi Kebijakan Tata Kelola dan Pengembangan Proses Bisnis
8B07Analis Pada Divisi Kultur dan Manajemen Perubahan
9B08Analis Pada Divisi Perencanaan Pengembangan SDM dan Pengembangan Modul
10B09Kepala Subdivisi Pengembangan SDM III
11B10Kepala Subdivisi SDM dan Organisasi
12B11Kepala Subdivisi Teknologi Informasi dan Logistik
13B12Analis Pada Divisi Kebijakan dan Harmonisasi Peraturan
14B13Analis Pada Divisi Bantuan Hukum
15B14Analis Pada Divisi Konsultasi Hukum
16B15Analis Pada Divisi Manajemen Rapat Dewan Komisioner
17B16Analis Pada Divisi Staf Ahli
18B17Analis Pada Divisi Strategi dan Manajemen Komunikasi
19B18Analis Pada Divisi Komunikasi
20B19Analis Pada Divisi Perencanaan Strategis
21B20Analis Pada Divisi Monitoring dan Pelaporan
22B21Analis Pada Divisi Pengelolaan Kinerja
23B22Kepala Subdivisi Pengelolaan Informasi
24B23Analis Pada Fungsional Pemeriksa Khusus Pengaduan dan Sengketa
25B24Analis Pada Fungsional Penyelesaian Pengaduan dan Sengketa
26B25Analis Pada Fungsional Intelijen Pasar
27B26Analis Pada Divisi Strategi dan Kebijakan Manajemen Informasi
28B27Analis Pada Divisi Pengembangan dan Pemeliharaan Sistem Aplikasi
29B28Analis Pada Divisi Pengaturan dan Perencanaan Logistik
30B29Kepala Subdivisi Penagihan dan Penyelesaian Piutang Bermasalah
31B30Kepala Subdivisi Administrasi
32B31Analis Pada Fungsional Manajemen Resiko
33B32Auditor Fungsional Bidang Pengendalian Kualitas
34B33Auditor Fungsional Auditor Internal Pengawasan Sektor Pasar Modal
35B34Auditor Fungsional Auditor Internal Pengawasan Sektor Industri Keuangan Non Bank (IKNB)
36B35Auditor Fungsional Auditor Internal Manajemen Strategis
37B36Auditor Fungsional Auditor Internal Edukasi dan Perlindungan Konsumen
38B37Auditor Fungsional Auditor Internal Sektor Perbankan
39B38Kepala Subdivisi Teknologi Informasi dan Logistik
PEJABAT SETINGKAT KEPALA DIVISI
40C01Auditor Senior Fungsional Auditor Internal Pasar Modal
41C02Analis Senior Pada Divisi Kebijakan Perencanaan dan Pengembangan SDM
42C03Kepala Divisi Kultur dan Manajemen Perubahan
43C04Kepala Divisi Widyaiswara
44C05Auditor Senior Fungsional Auditor Internal Edukasi Perlindungan Konsumen
45C06Analis Senior Fungsional Manajemen Risiko
46C07Kepala Divisi Administrasi
47C08Auditor Senior Pada Fungsional Bidang Pengendalian Kualitas
PEJABAT SETINGKAT DIREKTUR
48D01Spesialis Madya Bidang Lembaga Keuangan Mikro Industri Keuangan Non Bank (IKNB) Tim Pengembangan Kebijakan Strategis
49D02Spesialis Madya Bidang Ekonomi Makro dan Public Policy Tim Pengembangan Kebijakan Strategis
50D03Spesialis Madya Bidang Pengelolaan Fiskal/Utang dan Pengembangan Pasar Surat Berharga Negara Tim Pengembangan Kebijakan Strategis
51D04Spesialis Madya Bidang Pencegahan Tindak Pidana Korupsi Tim Pengembangan Kebijakan Strategis
52D05Spesialis Madya Bidang Pengawas Sektor Pasar Modal Tim Pengembangan Kebijakan Strategis
53D06Direktur Standar Akuntansi dan Tata Kelola
54D07Direktur Pengendalian Kualitas
55D08Direktur Penyidikan Sektor Jasa Keuangan
56D09Direktur Audit Internal II
KETENTUAN PENDAFTARAN
I. PERSYARATAN KHUSUS
  • Bersedia menjalani ikatan dinas dengan Otoritas Jasa Keuangan dan tidak terikat ikatan dinas dengan Institusi lain
  • Bersedia ditempatkan di seluruh kantor Otoritas Jasa Keuangan
  • Tidak memiliki saudara kandung/suami/isteri yang bekerja sebagai pegawai atau calon pegawai di Otoritas Jasa Keuangan
II. LOKASI TES
SELEKSI STAFSELEKSI PEJABAT
  • Jakarta
  • Semarang
  • Yogyakarta
  • Surabaya
  • Palembang
  • Padang
  • Medan
  • Denpasar
  • Makassar
Jakarta
III. TATA CARA PENGAJUAN LAMARAN
  1. Penyampaian lamaran hanya dapat dilakukan secara on-line sesuai dengan periode registrasi yang telah ditetapkan. Tidak ada jalur lain yang digunakan dalam proses pengiriman lamaran. Bagi Anda yang pernah mengirimkan lamaran langsung ke Otoritas Jasa Keuangan, diharuskan untuk melamar kembali melalui registrasi on-line.
  2. Anda wajib memiliki alamat e-mail yang sudah aktif untuk dapat mengikuti proses rekrutmen ini. Penyelenggara tidak melayani perbaikan/ revisi alamat e-mail yang salah input oleh Anda.
  3. Anda wajib mengisi aplikasi dengan data/ informasi yang benar. Apabila lolos seleksi administrasi, Anda akan dipanggil untuk mengikuti verifikasi dokumen (bersamaan dengan seleksi Tahap I). Dokumen yang harus dibawa untuk diserahkan pada saat tes Tahap I dapat dilihat pada butir V. A .
  4. Setelah mengisi aplikasi registrasi dan mengirimkannya kembali secara on-line, Anda akan mendapat konfirmasi melalui e-mail. Konfirmasi tersebut berisi nomor registrasi yang akan digunakan selama proses seleksi.
  5. Anda hanya dapat melamar pada satu jabatan. Pengisian data lamaran kedua akan ditolak oleh sistem secara otomatis.
  6. Aplikasi lamaran yang disampaikan diluar batas waktu yang ditetapkan dan/ atau tidak dilakukan secara on-line sebagaimana ketentuan pada butir 1 diatas, tidak akan diproses lebih lanjut.
IV. DOKUMEN UNTUK VERIFIKASI KELENGKAPAN
A. Berkas yang harus dibawa pada tahap Verifikasi Kelengkapan Dokumen:
  1. Daftar Riwayat Hidup yang telah diisi lengkap. Formulir Riwayat Hidup harus didownload dari website www.ppm-rekrutmen.com/ojk
  2. Surat Pernyataan yang telah dilengkapi, bertandatangan, dan bermaterai Rp. 6000,-; dengan menggunakan format yang didownload dari website www.ppm-rekrutmen.com/ojk meliputi :
    • Bersedia menjalani ikatan dinas dengan Otoritas Jasa Keuangan dan tidak terikat ikatan dinas dengan institusi lain
    • Bersedia ditempatkan di seluruh kantor Otoritas Jasa Keuangan
    • Tidak memiliki saudara kandung/suami/isteri yang bekerja sebagai pegawai atau calon pegawai di Otoritas Jasa Keuangan
  3. Fotokopi ijazah / Surat Keterangan Lulus yang telah dilegalisir (cap basah)
  4. Fotokopi transkrip nilai yang telah dilegalisir asli (cap basah)
  5. Fotokopi KTP/ SIM/ Identitas Diri yang masih berlaku
  6. Fotokopi Sertifikat ITP TOEFL dengan skor minimal 500 atau IELTS skor minimal 5,5 yang masih berlaku s/d 31 Agustus 2013
B. Ketentuan penyampaian berkas lamaran:
  1. Dokumen disusun berdasarkan urutan yang tertera pada butir IV. A.
  2. Dokumen dimasukkan ke dalam map karton dengan ketentuan:
    • Map Merah untuk posisi Staf
    • Map Biru untuk posisi Pejabat
  3. Tuliskan nama dan nomor registrasi Anda secara lengkap di halaman muka Map
V. VERIFIKASI KEASLIAN DOKUMEN
Berkas yang wajib ditunjukkan pada tahap Verifikasi Keaslian Dokumen adalah:
  1. Asli KTP/ SIM/ Identitas Diri yang masih berlaku yang digunakan saat registrasi on-line
  2. Asli Ijazah / Surat Keterangan Lulus sesuai dengan yang digunakan saat registrasi on-line
  3. Asli Transkrip nilai sesuai dengan persyaratan pendidikan yang digunakan saat registrasi on-line
  4. Sertifikat ITP TOEFL dengan skor minimal 500 atau IELTS skor minimal 5,5 yang masih berlaku s/d 31 Agustus 2013
VI. KETENTUAN LAIN
  1. Anda dinyatakan GUGUR apabila tidak dapat menunjukkan dokumen administrasi dan/atau data pendukung sesuai persyaratan pada tahap verifikasi dokumen.
  2. Keputusan dan penentuan hasil seleksi sepenuhnya merupakan kewenangan Otoritas Jasa Keuangan dan tidak dapat diganggu gugat.
  3. Selama proses seleksi, Otoritas Jasa Keuangan tidak melayani surat menyurat, email, dan/ atau sarana komunikasi lainnya.
  4. Peserta Seleksi Penerimaan Calon Staf dan Pejabat Otoritas Jasa Keuangan ini tidak akan dikenakan biaya apapun.
  5. Proses rekrutmen ini tidak dipungut biaya apapun.
  6. Hanya pelamar yang memenuhi persyaratan yang akan dipanggil untuk mengikuti tes.
TAHAPAN PELAKSANAAN KEGIATAN
Perkiraan waktu pelaksanaan kegiatan adalah sebagai berikut. Jadwal ini masih dapat berubah dan akan diinformasikan lebih lanjut.
TAHAPAN SELEKSISTAFPEJABAT
KEPALA SUBDIVISIKEPALA DIVISI DAN DIREKTUR
Registrasi Online31 Agustus s/d 6 September 2013 (pukul 24.00 WIB)31 Agustus s/d 13 September 2013 (pukul 24.00 WIB)
Pengumuman Registrasi Online16-20 September 201323-27 September 2013
TAHAP 1
· Jenis Tes
  • Verifikasi Kelengkapan Dokumen
  • Tes Potensi
  • Tes Pengetahuan Umum Bidang ke-OJK-an
  • Tes Pengetahuan Khusus Bidang Akademis
  • Tes Bahasa Inggris
Tes Psikologis
  • Assessment Center
  • Verifikasi Keaslian Dokumen
· Pelaksanaan21-22 September 201329 September 201328 September 2013 s/d selesai
· Pengumuman30 September 201314 Oktober 201314 Oktober 2013
TAHAP 2
· Jenis TesTes Psikologis Tertulis
  • In Basket
  • LGD
  • Critical Incident
  • Wawancara Kompetensi
  • Verifikasi Keaslian Dokumen
Wawancara User
· Pelaksanaan5 Oktober 201319 Oktober 2013 s/d selesai17-18 Oktober 2013
· Pengumuman14 Oktober 20132 November 201322 Oktober 2013
TAHAP 3
· Jenis Tes
  • Wawancara Psikologis
  • Verifikasi Keaslian Dokumen
Wawancara UserTes Kesehatan Fisik dan Psikiatri
· Pelaksanaan19 Oktober 2013 s/d selesai6-8 November 201324 Oktober 2013
· Pengumuman1 November 201312 November 20131 November 2013
TAHAP 4
· Jenis TesWawancara UserTes Kesehatan Fisik dan Psikiatri
· Pelaksanaan4-8 November 201314-16 November 2013
· Pengumuman12 November 201321 November 2013
TAHAP 5
· Jenis TesTes Kesehatan Fisik dan Psikiatri
· Pelaksanaan14-16 November 2013
· Pengumuman21 November 2013
Bagi yang berminat, silakan mendaftar secara online melalui laman :
Itulah Info Lowongan Kerja OJK yang dapat informer sampaikan. Semoga bermanfaat

Posisi Petugas Loket di PT Kereta Api Indonesia (Persero)


Lowongan Petugas Loket PJKA – PT Kereta Api Indonesia (Persero) – KAI adalah Badan Usaha Milik Negara Indonesia yang menyelenggarakan jasa angkutan kereta api. Layanan PT Kereta Api Indonesia (Persero) meliputi angkutan penumpang dan barang. Pada akhir Maret 2007, DPR mengesahkan revisi UU No. 13/1992 yang menegaskan bahwa investor swasta maupun pemerintah daerah diberi kesempatan untuk mengelola jasa angkutan kereta api di Indonesia. Pada tanggal 14 Agustus 2008 PT Kereta Api Indonesia (Persero) melakukan pemisahan Divisi Jabotabek menjadi PT Kereta Api Commuter Jabotabek (KCJ) untuk mengelola kereta api penglaju di daerah Jakarta dan sekitarnya. selama tahun 2008 jumlah penumpang melebihi 197 juta
PT Kerera Api membutuhkan calon pegawai baru dengan posisi sebagai berikut :
Petugas Loket PT KAI (Penempatan Bandung Jawa Barat)
Responsibilities
  • Melaksanakan pelayanan penjualan dan reservasi tiket
  • Menanyakan tujuan keberangkatan
  • Menginformasikan harga tiket
  • Memberikan alternatif KA lain jika kereta yang diinginkan habis terjual
Requirements
  • Pria dan Wanita
  • Usia Maks 25 th (Wanita) atau maks 26 th (Pria)
  • Min lulusan SMA sederajat (rata-rata ijasah 70), diutamakan D3/S1 (IPK min 2.75)
  • Belum menikah (surat keterangan belum menikah oleh kelurahan/desa)
  • Sehat jasmani dan rohani (ada surat keterangan dokter, surat keterangan bebas narkoba dan buta warna)
  • Penampilan menarik (Cantik atau Ganteng)
  • Tinggi badan (TB) dan berat badan (BB) proporsional. TB min 155cm (Wanita) atau min 160cm (Pria)
  • Menguasai dan mampu berkomunikasi menggunakan Bahasa Inggris dengan lancar
  • Mampu menggunakan komputer Ms Office
  • Memiliki jiwa customer service dan ramah
  • Teliti dalam berhitung, jujur, memiliki integritas tinggi
  • Siap ditempatkan di seluruh daerah operasi PT KAI (Persero) se-Jawa Barat
Berkas Lamaran Terdiri dari dokumen :
  1. CV dan surat lamaran
  2. Fotocopy Identitas (KTP)
  3. Fotocopy Ijasah (Legalisir)
  4. Fotocopy transkrip nilai (Legalisir)
  5. Pas Foto berwarna (3×4 – 2 lmbr, 2×3 – 2 lmbr)
  6. Surat Kelakuan baik dari kepolisian (SKCK)
  7. Surat keterangan sehat
  8. Surat keterangan tidak buta warna
  9. Surat keterangan bebas narkoba
  10. Surat keterangan belum menikah
Pengajuan Lamaran
Apabila berminat silahkan kirim CV dan surat lamaran anda beserta Foto Terbaru ke alamat email :
insani.bandung@gmail.com dengan menuliskan subject email “Petugas Loket KAI”
Atau dapat hadir langsung untuk Walk In Interview pada :
Hari / tanggal : Senin – Jumat
Pukul: 09.00 – 12.00
Tempat: PT Infomedia Nusantara, JL Buah Batu No 91 Bandung
Bertemu : Bpk Dadan membawa CV lengkap

LOWONGAN CPNS 2013 - Kemendagri Umumkan Rekrutmen, Inilah Syaratnya!


Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) umumkan rekruitmen CPNS 2013 dalam situs resminya kemendagri.go.id, Rabu (28/8/2013).
Dalam website tersebut Kemendagri mengumumkan mengenai hal yang perlu dilakukan oleh peminat seleksi penerimaan CPNS 2013.
Berikut ini adalah data-data dan dokumen pendukung minimal yang perlu disiapkan oleh peserta yang akan mengikuti tes CPNS 2013.
1. Nomor Kartu Tanda Penduduk (KTP)
2. Tahun dan nomor ijazah pendidikan terakhir
3. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) transkip nilai pendidikan terakhir
4. Berkas pas foto digital warna berukuran 200 x 150 piksel dalam format JPEG (dengan nama ekstensi JPG) dan maksimal berukuran 30 KB
5. Berkas fotokopi digital ijasah dan transkrip dalam format PDF (dengan nama ekstensi JPG) dan maksimal berukuran 500 KB
6. Surat elektronik (Email) yang biasa dan selalu Anda akses secara berkala. Informasi khusus akan disampaikan melalui surat elektronik secara langsung.
7. Judul dan abstraksi tugas akhir/ tesis/ disertasi
8. Untuk pelamar lulusan luar negeri, diwajibkan melampirkan Surat Keterangan Penyertaan Ijasah dari Dikti – Depdiknas, atau Surat Keterangan telah mengajukan permohonan Penyertaan Ijazah.
Dalam website tersebut. peserta diimbau melakukan registrasi lamaran melalui situs yang benar, mengisi formulir dengan benar dan lengkap. Kesalahan pengisian sehingga terjadi ketidaksesuaian dengan berkas digital pendukung yang telah diunggah akan mengakibatkan ketidaklulusan pada tahap I (verifikasi administrasi).
Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) Setiawan Wangsaatmaja mengatakan, pelaksanaan tes CPNS akan dibagi dalam dua metode. Yaitu sitem yang menggunakan LJK dan sistem CAT.
Pelaksanaan tes CPNS dari pelamar umum dengan sistem Computer Assisted Test (CAT) akan dimulai pada 29 September 2013. Sedangkan tes CPNS melalui sistem lembar jawaban komputer (LJK) untuk honorer katagori dua maupun pelamar umum akan digelar serentak pada 3 November 2013.

Sistem CAT Berisi 100 Soal Ujian, Apa Saja?


Lowongan CPNS 2013 tak lama lagi dibuka. Beberapa website lembaga pemerintah telah membuka rekrutmen CPNS 2013. Salah satunya website Kemendagri dikemendagri.go.id.  Tes CPNS pelamar umum menggunakan sistem CAT. Apa saja soal-soal ujiannya?
Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) Setiawan Wangsaatmaja seperti diungkapkan dalam website Kemendagri  mengatakan, pelaksanaan tes CPNS akan dibagi dalam dua metode. Yaitu sitem yang menggunakan LJK dan sistem CAT.
Pelaksanaan tes CPNS dari pelamar umum dengan sistem Computer Assisted Test (CAT) akan dimulai pada 29 September 2013. Sedangkan tes CPNS melalui sistem lembar jawaban komputer (LJK) untuk honorer katagori dua maupun pelamar umum akan digelar serentak pada 3 November 2013.
Dalam CAT, peserta diwajibkan menyelesaikan 100 soal. Terdiri dari 35 soal tes wawasan kebangsaan (TWK), 30 soal tes intelegensia umum (TIU), dan 35 soal tes karakteristik pribadi (TKP). Untuk TWK dan TIU, kalau salah nilainya nol, kalau betul nilainya 5.
Untuk mengatasi keadaan itu, harus diciptakan sebuah sistem yang bisa memutus mata rantai transaksi illegal, yang merusak sendi-sendi kehidupan bernegara itu.
Pemerintah yakin, test CPNS dengan sistem Computer Assisted Test (CAT) yang akan dilaksanakan mulai tahun 2013 ini dapat menghindari terjadinya praktek-praktek tidak terpuji itu.
Dalam pelaksanaannya, panitia seleksi nasional pengadaan CPNS bekerjasama dengan Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg) yang membantu proses pengamanan sistem teknologinya.
“Lemsaneg akan mem-protect supaya soal-soal pada sistem CAT tidak bocor. Dijamin seratus persen aman.” imbuhnya.

Lowongan Management Trainee Program di BUMN PT Timah (Persero) Tbk dengan pendidikan SMK, D3, S1 Fresh Graduate


PT Timah (Persero) Tbk - Timah is the largest state-owned tin mining company in Indonesia, which was founded in 1976. PT Timah (Persero) Tbk is 65% owned by the Government of Indonesia and 35% by public. The Company is based in Pangkalpinang Bangka and having mining area in Bangka Belitung and Riau Archipelago Province with 114 mining licence both onshore and offshore on 522,460 hectare of tin mining area.  As at December 2012, PT Timah (Persero) Tbk supported by 7,263 professional employees. The Company has 7 subsidiaries, namely PT Tambang Timah, PT Timah Industri, PT Timah Ekspomin, PT Timah Investasi Mineral, PT Dok dan Perkapalan Air Kantung, Indometal London Limited (LTD).

To expand the business scope, PT Timah (Persero) Tbk are now seeking to recruit high caliber and dynamic individuals for the following challenging positions as :

Program Management Trainee (MT)

Requirements
  • Education
    • S1 General Mining (Code : STAM)
    • S1 Geology (Code : SGLI)
    • D3 General Mining (Code : DTAM)
    • D3 Geology (Code : DGLI)
    • SMK Mine geology (Code : SMK-GT)
  • GPA min 2.75 (scale 4.00)
  • Age per 30 September 2013
    • Max age 25 years old for SMK with code SMK-GT
    • Max age 27 years old for D3 with code DTAM and DGLI
    • Max age 29 years old for S1 with code STAM and SGLI
  • Preferably Male
  • Computer literate (word, excel and power point)
Applications letter addressed to Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kepulauan Bangka Belitung follow with
  1. Legalized copy of academic certificate and transcripts
  2. Recent 4x6 Color photograph (2 sheets), write down your name and birth date on back side of your photograph
  3. Copy of Birth Certificate (akte)
  4. Copy of valid ID Card
  5. Curriculum vitae (CV), please ensure your contact telephone number, email and postal code included in your CV.
  6. AK 1 card (Kartu Kuning) from Department of Manpower and Transmigration
  7. Statement letter (stamped Rp6,000) : willing to be placed throughout the area of ​​operations of PT Timah (Persero) Tbk and its subsidiaries
For further information about this program, please refer official source from PT Timah (Persero) Tbk on following link. Should you are interested and qualified, please forward your complete applications above to DISNAKERTRANS Povinsi Kep Bangka Belitung, Komplek Perkantoran Gubernur Kepulauan Babel - Jl P Pongo Air Itam Pangkalpinang. Only short-listed candidates will be contacted. ( Source)

Posisi Customer Service Officer di PT Bank ANZ Indonesia


  • Challenging role with development opportunities
  • An exciting opportunity in a fast paced environment
  • Customer focused role
ANZ realises that our greatest asset is our people. We are vibrant professionals on a journey to create a super regional bank that aims to be the best connected and most respected bank in the Asia Pacific region. ANZ is currently connected across 32 countries and provides world class learning opportunities and compelling career pathways for its people.
 
We’re exploring new and better ways to progress the business with energy and enthusiasm. Backed by a proud and established heritage, we’re on a journey creating a super regional bank. Connected by integrity and clarity of strategy, there is a real sense of excitement about the future.
 
We believe a vibrant, diverse and inclusive workforce is a business advantage. We support our people to progress and value the unique perspectives, experiences and skills of all employees regardless of gender, age, cultural background, disability, sexual orientation, family and caring responsibilities, and religion. We are proud to be recognised as an employer of choice by our communities.
Customer Service Officer
Jakarta Raya, Surabaya (Jawa Timur), Medan (Sumatera Utara)

Responsibilities:
As a Customer Service Officer, you will be the first positive client contact for every client that visits the ANZ Signature Priority Banking. In this role you will be responsible for maintaining and developing customer relationship by providing excellent service and exceeding customer needs and to clearly demonstrate willingness to spot potential sales opportunities and develop these into profitable sales for Bank, include prospecting the marketplace for new customers as well as maximizing existing customer relationships.
Requirements:
  • Minimum 1 year of experience in Customer Service position
  • Good communication skills and problem solving skills
  • Knowledge in basic banking products will be an advantage
This is an opportunity to undertake a role offering exceptional opportunities for professional development with a broad range of career paths. The possibilities are endless. It’s a place where the determined can succeed, the willing can grow and together, we can prosper.
 
Due to Indonesia's current legislative requirements, this role is only open to Indonesian nationals.
 


We connect you to your world of opportunity.

Masyarakat Diharapkan Ikut Mengawal Proses Rekrutmen CPNS


Proses penerimaan CPNS walau bagaimana tetap menjadi pusat perhatian masyarakat Indonesia. Karena itu, masyarakat diminta terlibat aktif mengawasi jalannya perekrutan menjadi pelayan masyarakat ini yang dimulai 1 September mendatang. Terlebih untuk formasi di Pemprov Sulsel dan enam kabupaten/kota di Sulsel yang membuka penerimaan CPNS 2013.
Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sulsel, Subhan mengatakan berkepentingan mengawal penerimaan CPNS secara transparan. Pihaknya mengimbau masyarakat yang menemukan kejanggalan dalam proses seleksi ini, tak sungkan melaporkan ke Ombudsman. “Kami akan proses siapapun yang bermain dalam prosesi penerimaan CPNS. Mulai dari pemalsuan berkas hingga jual beli kursi dan seterusnya,” kata Subhan, Selasa 27 Agustus.
Indikasi jual beli kursi, menurutnya, bukan hal baru. Kerap dikeluhakan masyarakat lapis bawah yang tidak memiliki link dan kemampuan menembus jalur birokrasi. Karenanya baik pelamar maupun PNS yang “membantu” kelulusan tersebut akan diproses. Dalam waktu dekat, Ombudsman menjadwalkan membuka posko pengaduan di kantor mereka di Jl Sultan Alauddin Makassar.
“Kami akan undang pemprov Sulsel dan perwakilan 6 kabupaten/kota saat launching nanti,” katanya. Pihaknya juga menegaskan tetap menerima pengaduan penerimaan CPNS tahun lalu. Sepanjang memiliki bukti kuat, siap diproses ke badan kepegawaian. Untuk pengawasan ini pihaknya telah bekerja sama Kemenpan dan diberi kewenangan mengawal seleksi CPNS.
Terpisah, Kepala BKD Sulsel, Mustari Soba mengatakan mengapresiasi keterlibatan masyarakat dalam mengawal proses seleksi CPNS tahun ini. Pihaknya pun siap bersikap transparan dan mendukung langkah yang dilakukan Ombudsman. Tahun ini pemprov Sulsel mendapat jatah penerimaan 113 CPNS yang terdiri dari tenaga teknis, dokter, spesialis, perawat dan lain-lain.

Cara Mendaftar Lowongan CPNS 2013 Terbaru


Tata Cara Mendaftar CPNS – Mendaftar CPNS bagi yang berlum pernah sama sekali memang masih membingungkan. Sebelum anda melakukan pendaftaran CPNS, ada beberapa tahapan proses seleksi yang harus anda ketahui serta anda kenali, diantaranya adalah proses pendaftaran serta persyaratan. Berikut ini tahapan proses seleksi CPNS yang perlu anda ketahui. Silakan disimak baik – baik :
1. Pendaftaran
  • K etika kita hendak mendaftar sebagai CPNS kita tidak perlu jauh-jauh mengantarkan berkas-berkas lamaran ke kantor instansi yang akan kita tuju, namun kita bisa melakukannya via online. Dikarenakan biasanya setiap instansi pasti memiliki website yang telah disediakan untuk proses pendaftaran CPNS. Ketika proses pendaftaran berlangsung, anda harus memastikan bahwa anda sudah memiliki e-mail. Namun jika anda kurang paham melakukan lamaran via online, anda juga bisa mengirimkan berkas-berkas lamaran anda kepada panitia pusat yang menyelenggarakan penerimaan CPNS.
  • Yang harus Anda perhatikan adalah, saat pendaftaran online ini akan banyak sekali pelamar yang mengakses situs pendaftaran. Bahkan sampai puluhan ribu, maka jangan heran jika Anda mendapatkan situs pendaftaran berjalan lambat (lelet). Tipsnya adalah, lakukan pendaftaran saat jam – jam sepi, misalkan malam menjelang pagi. Selain e-mail, Anda kadang juga diminta mengupload file – file hasil scan Foto, Copy ID, Ijazah, Transkrip dan lain lain sesuai yang diminta.
2. Persyaratan
  • Ketika anda tengah melakukan pendaftaran CPNS, seharusnya anda tidak melupakan persyaratan yang nantinya akan anda perlukan. Dan untuk informasi lebih lanjut terkait persyaratan anda bisa langsung membuka situs resmi kementrian yang akan anda tuju. Dan untuk prsyaratan kemungkinan besar tidak akan mungkin sedikit, namun pasti memerlukan berkas-berkas yang cukup banyak. Dimulai dari hal kecil seperti foto kopi ijazah terakhir, KTP, SKCK, transkrip nilai, sampai-sampai fotokopi tanda pencari kerja (kartu kuning Kemnakertrans) yang masih berlaku. Persyaratan tersebut masih dibilang persyaratan yang biasa digunakan, karena untuk pendaftaran CPNS masih banyak persyaratan yang harus terpenuhi selain persyaratan yang telah disebutkan berikut.
3. Pendaftaran Ulang
  • Langkah selanjutnya yang perlu anda tempuh lakikan yaitu sering-seringlah meng-update situs penerimaan CPNS tersebut. Hal ini dapat membantu anda untuk mengetahui apakah anda lolos dalam tahapan seleksi pertama atau tidak. Dikarenakan pihak panittia akan mengumumkan secara online pengumuman kelulusan tersebut.
  • Jika anda dinyatakan lolos,maka pihak dari panitia akan meminta anda untuk melakukan proses pendaftaran ulang. Proses yang akan dilakukan dalam pendaftaran ulang yaitu anda akan diminta untuk mengirimkan berbagai macam berkas-berkas administrasi. Khususnya untuk ijazah, anda akan diminta untuk melengkapi ijazah anda dimulai anda sekolah sampai ijazah pendidikan terakhir yang telah dilegalisir, anda harus melengkapinya selengkap mungkin.
4. Uji Kompetensi
  • Setelah itu, ketika anda dinyatakan kembali lolos dari proses pendaftaran ulang, maka anda akan mendapatkan nomor serta kartu ujian yang nantinya bisa anda gunakan untuk pelaksanaan seleksi tes ujian CPNS. Untuk pelaksanaan ujian itu sendiri biasanya dilakukan pada masing-masing kota yang telah ditunjuk. Ujian dimulai dari dari tes psikotes, sampai-sampai menyangkut pengetahuan umum terkait negara, terutama perkembangan berita utama.
5. Wawancara
  • Ketika anda lulus dari seleksi tes ujian kompetensi, maka anda akan diminta oleh pihak panitia untuk melangsungkan dengan wawancara. Wawancara tersebut terkait dengan beberapa pertanyaan yang diajukan tim penguji mengenai diri anda serta pendapat anda sendiri menyangkut berita yang tengah berkembang saat itu.
6. Tes Kesehatan
  • Dalam segi ters kesehatan biasanya akan digelar pada rumah sakit pemerintah. Tes ini akan dimulai dari pengukuran tinggi badan, berat badan ,warna, pendengaran serta masih banyak lagi. Khusus CPNS Kemenkumham AKIP ada Tes Kesamaptaan.
7. Diklat Pra Jabatan
  • Proses tahapan terakhir yang harus anda lalui yaitu diklat pra jabatan, tes ini akan dilakukan ketika anda benar-benar telah dinyatakan lolos dari sejumlah rangkaian tes ujian CPNS, diklat pra jabatan ini lamanya sampai satu bulan.
Setelah diklat pra jabatan selesai, Anda akan kembali menjalankan kembali ujian kompetensi. Jika anda bisa lulus dari ujian kompetentsi tersebut, maka anda bisa dinyatakan lolos menjadi CPNS penuh dan siap mengabdi kepada masyarakat kan pelayan publik.
Itulah Tahapan dalam mendaftar CPNS secara umum. Untuk pendaftaran CPNS secara detail, tentunya bisa Anda simak di situs pendaftaran resminya.
Semoga berhasil menjadi CPNS dan Awas… Jangan Korupsi loooh. Kalau belum berhasil TETAP CEMUNGUD…!

Lowongan CPNS Kemenkeu 2013 Bisa Bertambah Menjadi 16 Ribu Orang


Lowongan CPNS Kemenkeu 2013 – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (PAN RB) memutuskan memberikan alokasi tambahan Pegawai Negeri Sipil (PNS) sebanyak 16 ribu orang hanya untuk untuk Kementerian Keuangan (Kemenkeu).
Menteri PAN-RB, Azwar Abubakar mengatakan, jumlah tersebut melampaui kebutuhan pegawai di Kemenkeu sebanyak 9 ribu PNS tahun ini. “Mintanya 9 ribu pegawai, tapi kami beri 6 ribu PNS baru dan 10 ribu PNS yang sudah tercatat sebagai PNS,” ucapnya saat ditemui di Gedung BPPT, Jakarta, Senin (26/8/2013).
Kemenkeu sebelumnya mengaku membutuhkan 9 ribu PNS namun yang disetujui baru 3.600 PNS. Dari jumlah yang akan direkrut, alokasi terbanyak ditujukan untuk Ditjen Pajak dan Bea Cukai.
“Ditjen Pajak kan membutuhkan PNS dengan pendidikan D1 dan D2. Jadi dari 10 ribu PNS yang sudah ada itu diantaranya ada pegawai daerah, sehingga tamatan SMA dilatih menjadi D1 dan D2. Nanti pegawai Bea Cukai juga bisa ambil dari situ,” terang dia.
Sementara untuk proses pelatihan, tambah Azwar, bisa dipindahkan melalui proses redistribusi yakni mengalokasikan jumlah pegawai yang lebih di satu daerah ke daerah lain yang mengalami kekurangan pegawai.

Soal Tes CPNS Sudah Dikunci, Jangan Percaya Bocoran



Jakarta - Beberapa Kementerian/Lembaga (K/L) siap membuka lowongan pekerjaan untuk masyarakat yang tertarik menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) di September 2013 nanti. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) sebagai pemilik hajat juga mencari banyak PNS.

Menteri PAN-RB Azwar Abubakar memastikan jika penyeleksian tes masuk CPNS akan berlangsung ketat dan semua peserta diperlakukan sama.

"Sangat ketat. Pertama semua tes kompetensi dasar disiapkan Menpan. Jadi sekarang semua yang masuk PNS, semua harus mengikuti tes PNS, semua sama," kata Azwar saat ditemui di Kantor Kemenkeu, Jakarta, Selasa (27/8/2013).

Dia menyebutkan, pihaknya menyiapkan sedikitnya 20 ribu jenis soal yang akan diberikan tes secara acak yang terdiri dari soal LJK maupun tes komputerisasi.

"Inti soal itu, kompetensi dasar kepribadian, potensi akademik, wawasan kebangsaan. Baru setelah itu lewat kompetensi bidang tertentu," ujarnya.

Azwar meyakini tidak akan bocoran soal terkait ujian CPNS ini. Menurutnya, semua soal sudah diamankan secara rahasia. "Semua soal sudah dikunci. Jangan percaya ada bocoran," katanya.

Terkait pelaksaan tes, dia menambahkan, pihaknya sudah bekerjasama dengan beberapa kampus, kepolisian ataupun LSM untuk menertibkan kelangsungan ujian tersebut.

"Pengawasan dari daerah masing masing-masing, ada polisi, ada konsorsium LSM juga," kata dia.

Ujian CPNS Ada 100 Soal, Ini Dia Materinya



Jakarta - Pemerintah telah menyiapkan secara khusus soal ujian bagi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). 

Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) Setiawan Wangsaatmaja mengatakan, pelaksanaan tes CPNS akan dibagi dalam dua metode. Yaitu sitem yang menggunakan LJK dan sistem CAT.

Pelaksanaan tes CPNS dari pelamar umum dengan sistem Computer Assisted Test (CAT) akan dimulai pada 29 September 2013. Sedangkan tes CPNS melalui sistem lembar jawaban komputer (LJK) untuk honorer katagori dua maupun pelamar umum akan digelar serentak pada 3 November 2013.

"Dalam CAT, peserta diwajibkan menyelesaikan 100 soal. Terdiri dari 35 soal tes wawasan kebangsaan (TWK), 30 soal tes intelegensia umum (TIU), dan 35 soal tes karakteristik pribadi (TKP). Untuk TWK dan TIU, kalau salah nilainya nol, kalau betul nilainya 5," ungkapnya seperti dikutip detikFinance, Selasa (27/8/2013).

Untuk mengatasi keadaan itu, harus diciptakan sebuah sistem yang bisa memutus mata rantai transaksi illegal, yang merusak sendi-sendi kehidupan bernegara itu. Pemerintah yakin, test CPNS dengan sistem Computer Assisted Test (CAT) yang akan dilaksanakan mulai tahun 2013 ini dapat menghindari terjadinya praktek-praktek tidak terpuji itu.

Dalam pelaksanaannya, panitia seleksi nasional pengadaan CPNS bekerjasama dengan Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg) yang membantu proses pengamanan sistem teknologinya. 

"Lemsaneg akan mem-protect supaya soal-soal pada sistem CAT tidak bocor. Dijamin seratus persen aman," kata Setiawan.